Tips Keuangan Untuk Pekerja Pemula Ibu Kota ala Saya

kafe

istimewa

Beberapa waktu lalu tagar #crazyrichsurabayan menjadi viral di media sosial. Usut punya usut ternyata tagar tersebut bermula dari film Crazy Rich Asian yang sedang tayang di bioskop.Cukup menggelitik dan bikin ngakak sih, penggalan cuitan di Twiiter terkait #crazyrichsurabayan. Seolah tak mau kalah muncullah cuitan tandingan dengan tagar #crazypoorasian. Hihi. Nggak lalah lucu dengan tagar sebelumnya, bikin ngakak dan ada-ada saja.

Saya pun pernah mengalami sebagai #crazypoorasian. Sebagai pekerja pemula, dulu sekitar tahun 2008 dengan gaji minimal dan pekerjaan yang menghabiskan waktu di jalan, membuat saya harus pintar-pintar putar otak. Agar tetap bisa bertahan tanpa harus ngutang atau minta transferan orangtua.

Setiap orang punya pengalaman yang berbeda ya. Tulisan ini adalah bagian dari pengalaman saya hidup irit ala pekerja pemula di ibu kota dengan gaji minimal.

Lalu apa saja yang pernah saya lakukan agar tetap bertahan dengan gaji pas-pasan kala itu? Berikut ini tips singkat untuk pekerja pemula agar tetap bisa hidup kendati gaji minim.

1.Setia gunakan angkutan umum

Jika tidak ada kendaraan pribadi maka alternatifnya adalah kendaraan umum. Nah, sebisa mungkin sering-seringlah naik angkutan umum ketimbang ojek apalagi taksi. Beruntung sekarang ada ojek online, tetapi sepertinya naik angkutan umum tetap lebih murah.

2. Sedia lauk kering dan masak sendiri

Salah satu siasat tetap hidup hemat adalah masak sendiri. Meski hanya masak nasi saja. Dulu saya selalu dibekali lauk kering seperti kering tempe dan abon oleh ibu saya. Lalu, saya membeli ricecooker mini untuk modal hidup hemat. Beli beras pun tak langsung banyak. Cukup seliter (kalau di Jakarta) atau perkilo saja. Ini akan lebih hemat dan ekonomis. Bayangkan saja, kalau beli lima kilo sekaligus dan terlalu lama digunakan bisa-bisa beras kutuan, apek, dan akhirnya tidak dipakai.

Sekali waktu bisa juga masak sendiri. Saya selalu cari kos yang ada dapur dan bisa masak. Meski memasak hanya satu-dua kali setiap minggu. Beli lauk matang di warteg bisa lebih hemat, karena satu porsi bisa dua kali makan. Atau sharing dengan teman kos.

IMG_20170119_185036_HDR (1)

3. Kurangi jajan

Saya pernah mencatat pengeluaran bulanan. Ternyata paling banyak pengeluaran adalah jajan. Jadi, saya coba kurangi jajan (bukan nggak jajan sama sekali ya) misal membeli makanan atau camilan dua atau tiga hari sekali. Dan jangan lapar mata. Duh ini yang berat. Hahahaha.

4. Sisihkan gaji di awal

Begitu terima gaji sisihkan paling tidak 5-10 persen dan masukkan ke rekening berbeda. Ini berfungsi sebagai tabungan sekaligus dana cadangan. Namun, sebaiknya jangan diganggu gugat jika tidak benar-benar darurat. Ini belum termasuk investasi jangka panjang ya. Hehehe.

5. Prioritaskan kebutuhan pokok

Jika kamu hidup merantau pasti tahu, apa saja kebutuhan pokok yang wajib dibayarkan. Misal uang kos, zakat/sedekah. Nah prioritaskan dua hal ini. Setelah itu baru bikin skala prioritas dan rencana anggaran di bulan tersebut. Memang kedisiplinan diperlukan untuk menghindari utang dan minta transferan orangtua. Malu euy, sudah kerja masih minta transferan.

Jika kamu pekerja pemula ibu kota, apa siasatmu?

 

 

Tentang armadita

Jurnalis biasa-biasa saja. Manusia yang juga biasa-biasa saja. Mencoba menjadi bisa karena biasa. Belajar dari mana saja dan siapa saja. Termasuk juga kamu. Menerima dengan terbuka segala bentuk makian dan masukan soal tulisan. Boleh di kolom komentar atau via surel arma.dita@gmail.com. Terimakasih sudah singgah ^^
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

12 Balasan ke Tips Keuangan Untuk Pekerja Pemula Ibu Kota ala Saya

  1. EkaMustikaSari berkata:

    Hahaha aku baca lho mba yang #crazyrichsurabayan sampau sakit perut. Tapi yg #crazypoorasian belum pernah dan jadi kepo. Btw dulu aku awal kerja adalah kelompok naik angkot dan bawa bekal demi hemat

  2. Juli berkata:

    Akhirnya keluar juga tulisannya lagi, hehhee.

  3. Bermanfaat sekali tipsnya.. Iya neh aku juga boros banget untuk pengeluaran jajan. Kayanya harus komitment lagi deh ini..

  4. wenny prihandina berkata:

    viral kali ya yang #crazyrichasian itu. jadi pengin nonton.. #eh
    belum pernah kerja di ibukota sih ya kak. tapi sepertinya memang harus ada siasat khusus sih buat mengatur finansial. supaya tetap ada saving untuk liburan di akhir pekan…

  5. Citra berkata:

    Bener banget lho kak, nyimpan duit di awal walau berat tapi seru juga pada akhirnya

  6. Dian Radiata berkata:

    Mengkombinasikan angkutan umum dan jalan kaki. Selain lebih hemat, juga lebih sehat, hehehe..

  7. Desy oktafia berkata:

    Kurangi jajan !

    Hiks.
    Ini berat.

    Godaan foodblogger dan medsos selalu berhasil bikin aku mau nyobain jajanan itu.
    Hehhehe
    Makasi tipsnyaa

  8. cari aktivitas dan hiburan yang gratis dan produktif seperti ngeblog. jadi inget awal2 kerja cuma dibayar 500 ribu dan kalau dipikir2 nggak cukup untuk kos dan makan kalau beli. Akhirnya patungan sama temen masak setiap hari sampai bikin jadwal piket. Hiburannya nongkrong di kantor maen internet, termasuk download film

  9. menixnews berkata:

    Hahahaha perlu ditambahi ni, karena sekarang blogger banyak project di ibukota, jadi tambahan tipsnya “sisikan waktu untuk menghadiri acara para blogger. Selain dapat makan siang gratis juga dapat fee untuk pekerjaan yang dilakukan”. Irit kan ya… hehehehe

  10. ruziana ina berkata:

    klu saya malah pake kendaraan sendiri karena angkutan umum di sini ga pake rute..jadi bakal lama sampe di tempat kerja karena di bawa muter muter hahaha
    karena keluarga kecil…saya malah suka beli lauk..lebih hemat tenaga dan biaya
    klu nabung di awal bulan tetap prioritas

  11. HeNee berkata:

    klo #crazyrichsurabayan sudah baca, yang #crazypoorasian gimana mba, belum baca? jadi kepo hehhee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s